Tragedi Soblog dan Berhentinya Konser Rutinan Kamar Mandi

mandi pagi nampaknya masih menjadi satu yang mustahil untuk saya lakukan, setidaknya untuk saat ini. mungkin tidak juga, karena sudah hampir dua tahun atau lebih tepatnya setelah semua rutinitas sekolah dulu di sekolah menengah atas yang mengharuskanku untuk mandi pagi. setelah itu, mungkin hanya kalau ada acara dadakan atau acara yang mengharuskan mandi saja, bukan untuk menunjukkan wangi atau terlihat lebih segar, cuman biar bisa jawab aja kalau-kalau pas ada yang nanya sudah mandi belum ekwkwkwkwk. kalau soal wangi mah bisa diakali wangi parfum atau kalau biar terlihat segar ya tinggal raup juga bisa. toh kalau cuman mandi, paling-paling dua atau tiga jam juga harum sabunnya sudah hilang, kurang lebih seperti itu yang saya alami selama ini. tidak tahu kalau sabun mahal atau sabun khusus, mungkin bisa dua hari baru hilang baunya atau mungkin sabun khusus yang sekali mandi bisa merapel mandi seminggu, mungkin. saya kan nggak tahu, sabun di rumah yang paling saya suka cuman nuvo atau paling lifebuoy, dengan tambahan, yang warna kuning. enak aja harumnya. dulu, ada sabun harmony, itu enak juga. tapi sudah beberapa tahun belakangan ini emak kalo beli sabun kalo nggak nuvo ya lifebuoy, sesekali khilaf, beli dettol. dah gitu aja, kok malah jadi mbahas sabun wkwkwkwk, kebiasaan

tadi, dari pagi sampai siang, matahari tampak masih malu-malu menampakkan dirinya. cuaca mendung seharian, sesekali hujan menyapa, atau sekedar memberi tahu eksistensinya dengan gerimis rintik. angin bertiup lumayan kencang membuat suasana jadi mager, bahkan hanya sekedar untuk tangi dan nglempit kemul. alhasil, saya baru benar benar bangun sekira jam sepuluh-an, saat seorang teman tiba-tiba datang untuk meminjam sepatunya yang kupinjam, wkwkwkwk. iya, katanya mau dikembaliin lagi nanti. padahal itu sepatu dia, tapi juga belum jadi saya pinjam juga, eheheheh. lalu, setelah itu. mungkin sekira jam satunan, rencana sudah terancang rapi, handuk sudah dikalung, salin sudah dipilih, dan niat sudah lumayan terkumpul untuk mandi. karena cuaca yang semakin membaik dan cocok untuk ritual harian yang membosankan tapi asyik ini. sebelum tiba-tiba teringat ternyata ada jadwal kelas jam dua. okelah, saya urungkan niat mandi dan menunggu sampai bu dosen membagikan link meet sebagaimana  mestinya. rutinitas

kabar baik, saat menunggu-nunggu chat bu dosen, sambil nyicil mendesain pamflet dikit-dikit, chat wa dari grup menyatakan bahwa kuliah hari ini ditiadakan untuk minggu ini karena bu dosen sedang ada acara. pesan itu tadi dikirim oleh siapalagi kalau bukan dosennya sendiri wkwkwk. alhamdullillah kabar baik, setidaknya bagi saya dan teman-teman sekelas. setuju kan? hehehehe. kelas tidak jadi, dan harusnya saya mandi. tappii eh tapii. petaka dimulai. pas saya mau ngenget banyu, karena cuacanya agak dingin-dingin syahdu. tepat ketika soblog habis saya isi air dan saya taruh bawah lagi karena saya mau ambil tutup soblognya, posisi saya waktu itu sedikit merunduk karean soblog dan tutupnya itu terletak di luweng yang mengharuskan saya untuk sedikit menunduk sebadan-badan atau mungkin juga bisa jongkok, tapi saya memilih merunduk. dan 'makplung', otak saya masih 'hah?' 'opowi?', baru sepersekian detik kemudian sadar bahwa benda berwarna krem keemasan itu ya hape saya yang saya taruh di saku jaket. tanpa berpikir dua kali, langsung saya ambil itu hape secepat yang saya bisa. 

makdeg, saestu. hati saya langsung tersentak, mulut terkunci tidak bisa mengeluarkan kata-kata, bahkan untuk misuh. dunia seakan berhenti detik itu juga. hahahahaha lebay pol wkwk. nggak nggak, tidak sampai segitunya, tapi yang jelas saya sangat kaget dan panik, bagaimana tidak, hape yang baru setahun dan selama hari-hari itu juga saya dengan hati-hati dan sepenuh hati menggunakannya masak harus terenggut oleh kejadian konyol-nyemplung di soblog. pikiran sudah kemana-mana, gimana kalo hapenya mati, gimana kalo hapenya rusak, gimana kalo hapenya demam tinggi dan akhirnya meninggal, dan gimana-gimana yang lainnya. jujur, saya takut. satu, takut sama bapak saya, ini tidak perlu dijelaskan, atau mungkin suatu nanti ketika ada topik serupa, bukan terus hape nyemplung lagi, tapi mungkin kejadian apapun nanti. dan kedua tidak enak dengan orang yang sudah mengamanahkan hapenya kepada saya, pasti ada rasa kecewa bahwa saya tidak bisa menjaga dengan baik-baik barang yang dia harapkan saya bisa menggunakan dan memanfaatkan sebaik-baiknya. mungkin menurut dia barangnya-hape-sudah sepenuhnya diberikan kepada saya, tapi menurut saya sejatinya barang itu masih kepunyaannya, dan saya hanya ditugaskan untuk menjaga dan menggunakan sesuai kapasitas saya sebaik-baiknya

 

ada mungkin sekira beberapa detik, saya hanya duduk memperhatikan hape tadi, sebelum buru-buru cari info di gugel, 'apa yang harus dilakukan setelah hape tercebur ke air'. dan menghasilkan beberapa tips yang gugel tunjukkan di suatu website, yang saya ingat, 1. matikan hape beberapa saat, 2. masukkan dan kubur ke dalam beras, 3. taruh di dekat silica gel, 4. copot dan keluarkan kartu sim, memori, dan lain sebagainya. itu saja. dan diantara keempat tips yang saya ingat itu, hanya dua yang saya setujui, karena mengubur dalam beras kurang masuk akal bagi saya, dan menaruh di dekat silica gel, saya tidak punya barang yang dibutuhkan itu. beruntungnya, setelah beberapa menit saya cek dan utak atik, alhamdulillah tidak ada kerusakan yang berarti, sejauh sampai tulisan ini dibuat. hanya tadi, speaker hape yang tidak berfungsi maksimal, itupun hanya sebentar karena setelah saya cek lagi sudah bisa berfungsi setidaknya seperti awal sebelum tercemplung. keseluruhan software dan hardware juga aman terkendali sampai saat ini. dan semoga begitu seterusnya, aamiin.

imbas dari kejadian konyol dan lalai itu tadi, untuk sementara kegiatan konser di kamar mandi, ditiadakan. sampai batas waktu yang tidak ditentukan, mungkin sampai trauma saya dengan kejadian keccemplunya hape tadi hilang. karena jujur, peristiwa tadi cukup mengguncang hati saya dan membuat syok, selain jadwal mandi saya yang menjadi mulur, itusih udah biasa juga. sebelum kecemplung, rencana saya akan konser membawakan beberapa lagu tipe-x, karena akhir-akhir ini saya sering memutarnya, khusus untuk konser di ruang peserta-kamar mandi. sudah selama hampir sejak saya menggunakan hape ini, dia selalu menemani saya konser dan segala jenis kegiatan di ruang mandi itu. mulai dari yang bisa saya sebutkan dan yang tidak bisa saya sebutkan, dan saya memilih tidak menyebutkan sama sekali. beratus bahkan mungkin beribu judul lagu dari berbagai band dan penyanyi berbeda sudah kami bawakan, berbagai genre musik, lagu luar negeri, dalam negeri, dan berbagai bahasa berhasil kami bawakan dari awal hape saya pakai sampai saat sebelum kejadian tadi. dengan terpaksa kegiatan konser harian itu saya tiadakan. sedih memang, suasana mandi jadi sepi, tapi tidak apa karena itu hanya sementara, setidaknya begitu yang saya harap, semoga. sampai jumpa di konser berikutnya.

begitulah cerita singkat dan aslinya tidak ada yang 'waw', tapi saya hanya ingin menulisnya karena sedang ingin. pasti anda anda ini berharap ada momen hape saya tercemplung lalu rusak kan? atau mungkin lebih kejam lagi, tercemplung, lalu matot, mati total. begitu kan? hahahaha



penjelasan tambahan :

- ruang peserta : ruang peserta adalah kamar mandi di rumah saya, saya tulis ruang peserta di tulisan ini karena memang di pintu kamar mandi, saya tempeli tulisan 'ruang peserta'.

- konser            : konser adalah kegiatan yang saya lakukan selama saya mandi, entah itu mandi pagi, siang, sore, ataupun malam. dikatakan konser karena saya kalau mandi harus dan minimal ada lagu yang mengiringi, maka saya sebut kegiatan ini, konser. selain itu, konser dalam bahasa inggris bisa dikatakan show dan dalam mandi ada istilah shower, maka kegiatan mandi itu saya namai konser. show = shower. terserah saya, kan. juga, salah satu kegiatan di ruang mandi adalah ngising atau yang biasa saya plesetkan menjadi singing, singing = ngising. konser. dan untuk momen-momen tertentu saya adakan konser akbar, iya, mandi besar. terima kasih 

*

Postingan populer dari blog ini

haribu harimu

mana(ta)han

judul e, takon